Den Respati

My Daily activity, opinion, and expression

Pesona Kawah Putih

Posted by prince03 on May 27, 2009

Gerbang Kawah Putih

Gerbang Kawah Putih

Gunung Patuha, kurang lebih 2300 diatas permukaan laut, sebelah selatan kota Bandung menyimpan suatu misteri dimasa lampau. Masyarakat menganggap Gunung Patuha merupakan kawasan yang angker, mereka menganggap puncak Gunung Patuha dulu merupakan tempat pertemuan para leluhur Bandung Selatan. Tak seorang pun berani menjamahnya. Bahkan, karena angkernya, burung yang melewati kawah pun akan mati.

Tetapi, misteri yang sudah menjadi turun – temurun itu mulai punah setelah terungkap oleh seorang ilmuwan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun, yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam pada tahun 1837.

Alam Kawah Putih

Alam Kawah Putih

Ketika Junghun melakuakn  perjalanan ke Gunung Patuha, dia sempat bertanya kepada masyarakat setempat mengenai  suasana alam yang dirasakannya sangat hening dan sunyi itu. Tapi dia mendapatkan jawaban yang dirasanya aneh, dia mendapat jawaban bahwa kawasan tersebut merupakan daerah angker sebagai kerajaan jin dan tempat bersemayamnya roh para leluhur. Kondisi lembah Gunung Patuha pada waktu itu masih berupa hutan lebat, dipenuhi pohon-pohon kayu jenis lokal, seperti rasamala, saninten, huru, samida, dan lain sebagainya.

Karena rasa penasaran dan ketidakpercayaannya, Junghun terus menembus lebatnya hutan Gunung Patuha. Dan akhirnya dia menemukan suatu danau kawah yang terlihat sangat eksotik, dan sangat indah. Meski sudah ditemukan pada 1837, tapi kawasan ini baru menjadi objek wisata pada 1987 setelah dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten.

Alam Kawah Putih

Alam Kawah Putih

Angker? Benarkah begitu? Untuk membuktikannya anda perlu datang sendiri ke kawasan wisata kawah putih ini. Dan setelah memasuki area kawah putih, bukan rasa takut yang akan anda alami, tetapi anda pasti akan terpaku dan terpana begitu melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana menakjubkannya genangan air yang berwarna putih disertai asap yang mengepul diatasnya. Warna air di danau kawah putih tidak selalu berwarna putih, warna putih kawah merupakan warna yang paling ditemui saat berkunjung, terkadang air berwarna hijau apel dan kebiru-biruan -bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu.

Goa Belerang Kawah Putih

Goa Belerang Kawah Putih

Yang kurang menyenangkan di kawasan ini adalah bau belerang yang bagi sebagian orang bisa menyebabkan batuk – batuk karena mencium baunya, bahkan tidak jauh dari kawasan wisata kawah putih terdapat goa buatan sedalam 5 meter yang katanya dulu pernah dijadikan sebagai tambang belerang. Bila anda melewati goa tersebut anda pasti akan mencium bau belerang yang sangat menyengat. Karena kandungan belerang yang sangat tinggi itulah, pada jaman dulu sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Pada jaman Jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenxaka Gokoya Ciwidey yang langsung berada di bawah penguasaan militer.

Kawah putih terjadi akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi sekitar abat ke 10 – abad ke 12. selain kawah putih juga terdapat kawah lain yang dikenal dengan nama Kawah Saat.

Kios Oleh-oleh Kawah Putih

Kios Oleh-oleh Kawah Putih

Disana terdapat kios – kios yang menjual aneka cinderamata yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Selain itu, juga banyak pedagang yang menjual buah khas Ciwidey, yaitu Strawberry.

Sangat disayangkan bila anda berwisata ke Ciwidey tidak singgah ke Kawah Putih, anda akan melewatkan tempat yang memberikan nuansa alam yang sangat menakjubkan. Terutama pada hari libur, disana anda akan melihat banyaknya orang yang berkunjung ke kawasan wisata ini untuk menikmati betapa indahnya lukisan yang pencipta. Keindahan yang ditampakkan akan membuat anda terus mengingatnya hingga beberapa waktu.

Cara Mencapai Kawasan Wisata Kawah Putih

Wisata Kawah Putih yang terletak kurang lebih 46 km dari kota Bandung bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bila anda menggunakan kendaraan umum anda tidak perlu khawatir, disana terdapat angkutan yang akan mengantar anda sampai ke area wisata Kawah Putih. Atau anda juga bisa berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor bersama teman – teman anda.

Penginapan

Anda yang ingin bermalam, didekat pintu gerbang tersedia beberapa villa yang bisa kita sewa, dengan begitu kita bisa menikmati panorama alam ketika hari masih begitu pagi. Tapi bila anda ingin menikmati keindahan alam selama perjalanan menuju lokasi ini, anda bisa menginap di Ciwidey atau bahkan di Bandung.

Tips

  1. Bila anda menginap di Bandung, berangkat di pagi hari akan terasa sangat menyegarkan.
  2. Jaket akan sangat anda perlukan bagi anda yang alergi terhadap dingin.
  3. Bagi anda yang alergi terhadap bau belerang, sebaiknya anda membawa masker atau apa saja yang bisa membantu anda untuk mengurangi bau belerang yang terkadang akan tercium sangat menyengat.
  4. Untuk mengabadikan moment yang sangat indah di Kawah Putih jangan lupa untuk membawa kamera atau handycam, sehingga anda bisa mengenang kembali keindahan dan keeksotisan alam Kawah Putih di Gunung Sepuh

2 Responses to “Pesona Kawah Putih”

  1. Andhika said

    oh bau menyengat itu bau belerang toh…
    kirain sebelah sayah belum mandi

    hahahah

  2. nirnia said

    kawah putih menurut gw emang keren abis.Surganya ciwidey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: