Den Respati

My Daily activity, opinion, and expression

Tukar Nasib

Posted by prince03 on April 8, 2009

Beberapa waktu yang lalu muncul sebuah program televisi yang cukup unik, “Tukar Nasib” di salah satu stasiun televisi swasta. Ceritanya adalah pertukaran nasib antara 2 keluarga, dimana salah satu keluarga merupakan keluarga miskin dan keluarga yang lain adalah keluarga kaya. Mereka bertukar nasib, yang kaya melakoni kehidupan sehari-hari si miskin, dan si miskin melalui kehidupan yang biasa dilakukan orang kaya. Pertukaran ini dilakukan selama 3 hari.

Acara ini merupakan salah satu favorit saya, karena dalam hal ini, bisa menunjukkan khususnya kepada orang-orang kaya bagaimana kehidupan yang sesungguhnya, mungkin lebih khusus lagi bagi orang yang tidak pernah mengalami kesusahan selama hidupnya.

Program ini bisa menunjukkan bagaimana susahnya mencari uang untuk makan sehari-hari dan bagaimana kerasnya kehidupan untuk menghidupi keluarga. Selain itu juga menunjukkan bagaimana kehidupan yang serba mewah, serba ada tanpa pernah dijalani orang yang memang belum pernah menjalaninya.

Sangat banyak pelajaran yang bisa diambil dari program yang hanya sekitar 30 menit ini. Tidak sedikit para orang kaya, yang menyatakan tidak sanggup untuk menjalani kehidupan yang biasa dijalani oleh orang miskin. Dalam hal ini kita bisa sedikit mengambil kesimpulan, bahwa kehidupan orang miskin lebih berani dan lebih kuat dalam menjalani kehidupan walaupun hanya bisa mendapatkan penghasilan yang sangat pas-pasan, mereka bisa mengatur pengeluaran mereka, dan yang lebih spesial adalah mereka bisa bertahan walaupun dengan kehidupan yang sederhana. Ternyata uang memang bukan segalanya.

Dan bagi orang miskin yang menjalani kehidupan orang kaya, kebanyakan mereka tidak betah, mereka lebih senang kehidupan menjadi orang sederhana yang selalu penuh dengan kebahagiaan bisa berkumpul dengan keluarga setiap saat, tidak dipusingkan dengan kehidupan perkotaan yang semakin tidak jelas, dan berbagai kebahagiaan lainnya.

Dan tidak sedikit pula orang kaya yang menjalani kehidupan yang sangat sederhana mengakui baru kali itulah mereka bisa benar-benar merasakan hangatnya berkumpul dengan keluarga.

Dan ternyata program ini banyak memberi pelajaran yang sangat berarti, bahwa harta tidak selalu memberikan kebahagiaan bagi setiap orang. Kebahagiaan adalah dimana kita bisa berkumpul dengan keluarga kapanpun dan dimanapun.

Program ini juga seharusnya bisa membuka mata setiap orang, khusus-nya orang-orang kaya apa arti dari harta yang dimilikinya tanpa bisa mendapatkan kebahagiaan. Dan seharusnya mereka juga bisa mengetahui dengan lebih baik untuk apa sebenarnya harta yang mereka cari. Mereka bisa berbagi kebahagiaan dengan memberikan sedikit rejeki yang didapat untuk memberi kebahagiaan bagi orang-orang yang tidak mampu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: