Den Respati

My Daily activity, opinion, and expression

Serba-serbi acara televisi

Posted by prince03 on April 3, 2009

Perkembangan zaman kian hari kian cepat. Salah satu satunya adalah perkembangan media visual televisi. Televisi merupakan salah satu media untuk mendapatkan berbagai hiburan, terutama kalo lagi bingung n bengong sendiri, televisi bisa mengurangi kebengongan kita dengan berbagai tayangan yang disajikan.

Berbagai macam acara bisa kita nikmati, mulai dari berita, sinetron, film-film holywood, bolywood dan berbagai macam acara lain. Kian waktu semakin bertambah chanel-chanel televisi dengan berbagai program-nya masing-masing. Tetapi bagaimana dengan kualitas dari program-program yang disajikan?

Secara tidak langsung program-program televisi memiliki andil yang cukup besar terhadap kehidupan sehari-hari, khususnya bagi anak-anak. Tidak sedikit anak-anak yang mengikuti tren yang dilihatnya di televisi, baik kearah yang lebih baik, maupun kearah sebaliknya.

Salah satu program televisi yang memberikan dampak yang cukup besar adalah sinetron. Kini setiap hari, selalu ada saja sinetron yang disajikan, tetapi kebanyakan sinetron-sinetron berkutat seputar cinta, perpecahan keluarga, hura-hura, penindasan kepada orang yang memiliki derajat yang lebih rendah, dunia gemerlap, dll. Dan lagi, sinetron-sinetron tersebut disajikan pada waktu yang kurang tepat, mulai dari magrib (menggangu waktu sholat) hingga bisa sampai diatas jam 10 malam (waktu belajar anak).

Sinetron-sinetron yang menampilkan tema-tema diatas sangat berpengaruh terhadap perilaku sehari-hari terutama anak-anak yang. Orang tua yang seharusnya mengingatkan anaknya untuk sholat, belajar, terkadang juga malah asyik dengan tontonannya, gimana mau bisa jadi contoh?

Kita dengan budaya timur yang seharusnya penuh dengan kesopanan sepertinya kini sudah mulai bergeser mengikuti budaya barat. Hal yang paling bisa kita lihat adalah dalam hal berpakaian dan sikap. Tetapi pada peminat budaya barat berkilah dengan mengatakan “Ini kah tren terbaru”. Medialah yang memiliki peranan yang cukup besar dengan adanya perubahan ini.

Seharusnya para sutradara film juga memikirkan aspek sosial dan budaya timur yang penuh dengan kesopanan, bukannya menampilkan berbagai kontroversi yang tidak sepantasnya disampaikan. Anak-anak yang masih duduk di bangku SMP bahkan SD, kini sudah mengenal yang namanya “cinta”, darimana mereka mengenal ini? Sebagian besar terpengaruh dari apa yang mereka lihat dilayar televisi. Dan masih banyak lagi pengaruh-pengaruh yang diakibatkan dari televisi, khususnya sinetron.

Sekarang sangat minim sinetron yang menampilkan bagaimana perjuangan seseorang untuk menjadi sukses (tanpa adanya perselisihan yang berbelih-belit), biografi orang-orang sukses, dan berbagai sinetron yang bertemakan motivasi.

Memang menjadi tanggung jawab setiap orang tua untuk selalu mengawasi perkembangan anak, dan sudah menjadi keharusan orang tua untuk membatasi apa-apa yang harus ditonton ditelevisi. Tanpa adanya perhatian setiap anak bisa dengan mudah terpengaruh hal-hal yang kurang baik. Selain itu, juga menjadi tanggung jawab pada pembuat program televisi (baca. sinetron) untuk menyuguhkan tontonan yang bisa menjadi motivasi setiap orang yang menontonya.

Kalau penyedia program televisi bisa menyajikan tontonan yang menarik dan tidak membuat orang yang melihatnya menjurus kearah yang negatif, kan bisa dapat pahala, kalau penyedia program televisi malah menyajikan yang sebaliknya ????

2 Responses to “Serba-serbi acara televisi”

  1. Andhika said

    gila…berat pisan kang artikelna

    kalo sinetron yang pemaennya berubah jadi siluman ular itu gimana ya kang?? terus pemaen cowoknya nyanyi kaya film-film bollywood.

    heheheh

    • prince03 said

      Wah, kalo yang siluman jadi-jadian itu mah pembodohan public, gak sepantesnya dipertontonkan.
      Kalo yang cowoknya nyanyi sih benernya gak apa2, kan menghibur, hehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: