Den Respati

My Daily activity, opinion, and expression

Katak/Kodok, halalkah?

Posted by prince03 on April 3, 2009

Pagi dunia…!!! Alhamdulillah hari ini libur, jadi lumayan bisa istirahat, beberes rumah, nyuci, jalan-jalan, gak perlu butek ama urusan kantor dengan aktivitas sehari-hari yang terkadang membosankan dan membuat jenuh.

Pagi ini sambil nyuci baju sambil liat TV acara “Halal” di TransTV. Hari ini program tersebut membahas mengenai kodok atau katak, eh, beda dink, katak ama kodok tuh katanya beda. Kalo katak tuh yang tinggal di air, kodok di darat, apa iya ya? Gak ngerti ah.

Ada yang pernah makan katak/kodok? Gimana ya rasanya? Hii… geli, gak ah, masih banyak makanan lain yang enak n gampang dicari. Kodok uda susah dicari, e mahal pula, sekitar Rp.64.000 untuk 4 ekor katak. Dan ternyata yang bisa digunakan untuk konsumsi adalah katak, yang hidup di air.

Selain itu, banyak yang berpendapat bahwa katak/kodok bisa digunakan sebagai obat seperti obat kulit, untuk mengurangi alergi, luka luar hingga kanker, bener gak ya?

Menurut dr.Inge Permadi perlu penelitian lebih lanjut mengenai pendapat-pendapat yang menyebutkan khasiat dari katak/kodok ini. Eh, ternyata ada pendapat dari dokter lain, dr. Willie Japaries. Beliau mengatakan bahwa memang katak/kodok bisa digunakan sebagai obat, yang digunakan adalah kodok yang hidup di darat. Bagian kodok yang digunakan untuk pengobatan adalah lendirnya, bahkan kini sudah dibuat ekstrak untuk digunakan sebagai obat. Penggunaanya ada yang diminum atau di suntikkan.

Terus, gimana pandangan islam mengenai hal ini? Berikut kutipan hadits :

” Dari Abdurrahman bin Utsman Al Quraisy bahwa seorang tabib (Dokter) bertanya kepada Rasulullah tentang katak yang dipergunakan dalam campuran obat, maka Rasulullah melarang membunuhnya”

(HR. Ahmad, Shahih Al Hakim)

Terus kalo menurut MUI gimana? Nah kalo menurut MUI berdasarkan hadits diatas yang menyatakan bahwa Rasulullah melarang untuk membunuhnya, bisa disimpulkan bahwa katak/kodo adalah HARAM  bila dikonsumsi dagingnya. Untuk mengambil khasiat dari kodok (lendirnya) pun tidak boleh hingga membunuh kodok tersebut.

Jadi kini menjadi pilihan kita semua untuk mengkonsumsi katak atau gak, tapi kalo saya sih kayaknya gak deh, mending cari makanan lain.

3 Responses to “Katak/Kodok, halalkah?”

  1. Andhika said

    sama kang..
    mending makan lutung..
    sebenerna ga tega makan lutung, serasa makan sodara sendiri.
    HAHAHAHHA

  2. Srirahayu said

    Makasih Atas Infornya…Sangat bermanfaat…saya juga bru tau klo Kodok itu Haram…hehehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: